Selasa, 26 April 2011

Ternyata Hidup di Dubai Lebih Nyaman Ketimbang di Eropa


REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Uni Emirat Arab (UAE) kini menduduki posisi ke-16 sebagai negara "maju" di dunia. Menurut survei internasional, tingkat kepuasan penduduknya bahkan melampaui negara-negara Arab lainnya. Bahkan melebihi negara-negara Eropa seperti Inggris, Perancis, Jerman, Italia maupun Singapura dan Hong Kong.

Sekitar 55 persen penduduk UAE percaya bahwa mereka adalah negara maju ketika dibandingkan dengan Inggris yang meraih angka 54 persen. Sementara Jerman 44 persen, Prancis 42 persen, Italia dan Singapura masing-masing 37 persen.

Angka-angka ini dirilis oleh lembaga survei global Gallup. "UAE menduduki peringkat 16 di seluruh dunia dalam hal kepuasan penduduk," jelas lembaga tersebut sebagaimana dilansir kantor berita Zawya, Selasa (26/4).

Di kawasan Arab, Qatar menduduki peringkat kedua sebagai negara "maju"—meskipun biaya hidupnya tertinggi—dengan 53 persen tingkat kepuasan penduduk. Diikuti oleh Kuwait di angka 46 persen, Arab Saudi 43 persen dan Bahrain di angka 27 persen.

Gallup mengklasifikasikan kesejahteraan responden sebagai "maju," "berkembang" dan "miskin," berdasarkan penilaian mereka atas hidup yang dijalani saat ini maupun di masa depan, dalam skala 0 sampai 10. Mereka dianggap maju jika tingkat kehidupan mereka saat ini di angka 7 atau lebih, dan dalam lima tahun ke depan di angka 8 atau lebih.

Negara-negara maju seperti Jerman, Prancis, Italia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol dan Jepang, rata-rata memiliki warga pada level "berkembang" lebih tinggi dari UAE yang hanya meraih angka 44 persen. Sementara di negara-negara yang kini dilanda kerusuhan macam Tunisia, Yaman, Mesir dan Maroko, hanya sedikit saja yang merasa tingkat kepuasan hidup mereka di angka 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar