Jumat, 11 November 2011

Inilah Sejarah Pembentukan Bintang di Kosmos


Menyimak sejarah pembentukan bintang di kosmos akan selalu menarik sampai kapanpun. Karena hal itu akan menguak misteri terciptaya alam semesta. Lebih lanjut mengenai sejarah bintang...simak artikel yang saya kutip dari okezone.com berikut ini:

FLORIDA - Setelah beberapa dekade menjelajahi alam semesta, para astronom akhirnya menemukan dua gas awan murni yang bebas dari logam dan ditembakkan ke kosmos oleh bintang-bintang.

Temuan itu dipublikasikan dalam jurnal Science, menggambarkan deteksi lengkap pertama secara sederhana, gas yang tidak tercemar dan mendukung teori lama tentang bagaimana unsur-unsur kimia dibentuk pada awal alam semesta. Ini merupakan jenis awan murni yang membentuk bintang-bintang pertama.

Penelitian ini menunjukkan bahwa bintang-bintang belum berhasil mendistribusikan logam di seluruh kosmos. Astronom mengaggap logam menjadi unsur yang lebih berat, seperti karbon, silikon, besi bahkan oksigen.

Selain itu, sebuah studi terpisah dalam edisi yang sama di Science menyimpulkan bintang-bintang awal jauh lebih kecil daripada pikiran kita, yaitu puluhan kali lebih besar daripada matahari.

"Ada semacam link yang hilang dalam gambaran tentang bagaimana bentuk elemen. Kami belum mampu mendeteksi apa yang kita harapkan ada di luar sana, yang disebut materi primordial atau hal-hal yang akan menjadi logam bebas," kata astronom University of California, Xavier Prochaska.

"Ini merupakan deteksi gas padat pertama," ujarnya dalam sebuah wawancara, seperti dilansir News Yahoo, Jumat (11/11/2011).

Dua gas awan murni terbentuk dua miliar tahun setelah alam semesta tercipta. Procsha bersama penulis utama Fumagali Michele, seorang mahasiswa pascasarjana Santa Cruz, dan astronom Saint Michael College, Vt menemukan dua awan dengan menganalisis cahaya dari quasar. Mereka menggunakan Keck Observatory di Hawaii.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar