Senin, 05 Maret 2012

Berita Rumah Murah Program Pemerintah


Kabar Gembira nih bagi teman-teman yang belum punya rumah. Karena pemerintah berencana mengadakan rumah murah dengan harga hanya 70 juta saja. Namun sayang....program tersebut baru di kawasan depok dan bekasi. Mungkin saja sebentar lagi terlaksana diseluruh wilayah Indonesia..kan lumayan tuh. Lebih lanjut mengenai rumah murah ini...simak artikel berikut yang saya kutip dari detiknews.com berikut ini:

Kementerian Perumahan Rakyat memamerkan contoh rumah murah tipe 36 dengan tanah dan bangunan senilai Rp 70 juta. Kabarnya sudah ada pemgembang yang bersedia membangun di Bekasi dan Depok.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan Kemenpera sudah membuat contoh rumah murah tipe 36 di halaman parkir kantor Kemenpera. Rumah murah tersebut harganya hanya sekitar Rp 25 juta dan sangat layak untuk para PNS karena temboknya terbuat dari beton. Jika ditambah harga tanah, jalan dan bangunan, maksimal harga per unit Rp 70 juta.

"Kalau tidak percaya silakan lihat contoh rumah murah yang sudah kami bangun di halaman parkir kantor," kata Djan seperti dikutip dari situs Kementerian Perumahan, Selasa (6/3/2012).

Program pembangunan rumah murah ini tidak tertutup kemungkinan dapat dilaksanakan di daerah pinggiran Jabodetabek. Djan Faridz bahkan menyatakan sudah ada pengembang yang bersedia membangun rumah murah ini di daerah bekasi dan Depok dimana harga tanahnya masih cukup terjangkau dan murah.

Djan mengatakan sebanyak 50 kabupaten/kota di Indonesia telah memesan rumah murah untuk para pegawai negeri sipil (PNS) di daerahnya masing-masing. Ke depan, Kemenpera juga akan menggandeng para pengembang serta berkoordinasi dengan Perumnas untuk proses pembangunan rumah murah tersebut.

"Sekitar 50 kabupaten/ kota sudah pesan rumah murah ke kita. Mereka pesan untuk PNS di daerahnya masing-masing," jelas Djan.

Menurutnya, para pengembang di daerah dan Perumnas telah menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan program rumah murah ini. Untuk itu, Kemenpera berharap Pemda setempat bisa ikut membantu penyediaan lahan yang tepat dan matang untuk pembangunan perumahan tersebut.

Saat ini, lokasi pembangunan rumah murah diprioritaskan di pinggiran kota. Sebab, selain harga tanah yang masih terjangkau, banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di pinggir kota.

Rumah ini memiliki 2 kamar, 1 dapur dan 1 kamar mandi. Djan mengatakan rumah murah ini rencananya akan dibangun di 33 provinsi dan sudah ada 49 kabupaten/kota yang meneken MoU.

Pembangunan rumah murah ini akan berlanjut sampai 2014. Untuk 2012 target pembangunannya sebanyak 200 ribu unit dengan alokasi dana Rp 8 triliun untuk seluruh wilayah Indonesia.

Ingin lihat contoh rumah murah ini, datang saja ke halaman kantor Kemenpera, Jalan Raden Patah, Jakarta Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar