Senin, 25 Desember 2017

Memilih Cat Untuk Dinding Kolam Ikan Koi

Ikan koi adalah ikan yang bisa kita nikmati keindahannya dari warnanya. Tentu jika kita bisa memadukan dengan warna lingkungannya, contohnya warna dari dinding kolam ikan. Untuk memilih warna cat dinding ikan koi ini adalah suatu hal yang mudah. Tetapi banyak pula yang membuat kita bingung karena ada banyak pilihan warna. Hal yang perlu dipertimbangkan yaitu keindahan dari tampilan yang akan dihasilkan.

Warna alami untuk dasar dan dinding kolam
Kolam biasa menggunakan dasar batu – batuan yang akan menimbulkan nuansa alami. Untuk model kolam tersebut, warna yang alami akan sesuai untuk dasar dan dindingnya. Misalnya, jika dasar batu – batuan memiliki warna hitam, maka kita bisa memakai warna cat dinding yang mirip dengan dasar kolam.

Warna hitam
Warna hitam bisa menjadi pilihan warna yang netral. Warna ini akan kontras dengan warna dari tubuh ikan koi yang biasanya memiliki warna cerah. Dengan memilih warna hitam, akan menjadi background dari warna ikan koi sehingga nanti akan terlihat lebih jelas, tajam, dan juga tidak samar dengan warna lain. Dengan begitu, ikan koi bisa menampilkan warna tubuh yang maksimal. Warna hitam bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kolam ikan.

Warna biru
Warna selanjutnya yang bisa dipilih adalah warna biru. Warna ini bisa memberikan kesan nyaman dipandang mata. Tetapi, kembali pada selera masing – masing, apakah kita menyukainya atau tidak. Hal terpenting adalah pemilihan warna cat dirasa sesuai dengan kolam ikan yang ada.

Warna hijau
Biasanya warna air kolam lama kelamaan akan berubah menjadi sedikit lebih hijau karena adanya lumut atau ganggang. Jadi, sangat disarankan pula memilih warna yang sesuai dengan warna ini, yaitu warna hijau. Memang, sebagian besar kolam juga akan mengalami hal yang sama. Apapun warna cat yang nantinya dipilih, lama kelamaan warnanya akan berubah menjadi kehijauan karena adanya tumbuhan lumut atau sejenis di permukaannya. Seringkali warna yang tidak biasa bisa membuat ikan menjadi takut atau tidak nyaman.

Cat dinding kolam yang cocok untuk menumbuhkan lumut
Cara membuat ekosistem kolam ikan koi adalah membuat nuansa seperti kondisi alamnya. Maka biarkan saja lumut bisa tumbuh di dasar dan dinding kolam. Dengan keadaan seperti itu, membiarkan dinding kolam tidak dipoles dengan cat juga bisa menjadi pilihan yang baik. Warna alami tanpa cat ini juga bisa membuat permukaan dinding kolam menjadi lebih mudah untuk ditumbuhi lumut dan ini baik untuk ikan koi.

Memilih warna keramik, tidak perlu bingung memilih cat
Pilihan lain untuk memilih warna kolam adalah dengan memilih bahan dinding dari kolam koi. Kita bisa memilih keramik, dengan begitu secara tidak langsung kita juga sudah memilih warna dari dinding kolam. Kita pun tidak perlu memikirkan warna cat apa yang akan ditambahkan di permukaan kolam.

Jika kita ingin melihat kolam tampak lebih bersih, maka bisa memilih keramik dengan warna putih. Untuk warna umum yang banyak dipilih orang untuk kolam ikan biasanya adalah biru, hijau tua, dan hitam. Kita bisa memilih warna diantara warna – warna tersebut untuk warna keramik yang ingin digunakan sebagai pelapis dari dinding kolam.


Itu dia informasi mengenai warna yang bisa kita pilih untuk dinding dan dasar kolam. Sebaiknya kita pilih warna yang sesuai dengan keadaan sekitar kolam dan disesuaikan juga dengan selera kita masing – masing agar nantinya kita tidak kecewa dan mengganti warna kolam ketika sudah selesai pengerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar