Sabtu, 06 Januari 2018

Prosedur Melahirkan Normal dengan BPJS di Rumah Sakit

Saat usia kehamilan terus bertambah dan kehamilan sudah semakin membesar, maka tugas Anda sebagai calon orang tua harus adalah mempersiapkan segala kebutuhan untuk persalinan. Bukan hanya harus menyiapkan keperluan bayi, namun biaya persalinan juga harus menjadi hal yang diperhitungkan dengan baik. Melahirkan normal dengan BPJS di rumah sakit mungkin dapat menjadi pilihannya.

Sebenarnya untuk proses persalinan itu sendiri sifatnya relatif. Meski semua ibu hamil ingin melahirkan secara normal namun pada akhirnya ada yang harus melakukan persalinan secara caesar dikarenakan kondisi kandungan yang tidak memungkinkan untuk menjalani persalinan normal.

Perihal biayanya sudah pasti berbeda. Melahirkan secara normal terbilang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan ibu hamil yang melahirkan secara caesar atau operasi. Walau HPL dapat diperkirakan, tapi untuk proses persalinan nanti masih menjadi tanda tanya besar. Apakah akan melahirkan secara normal atau terpaksa harus melahirkan secara caesar.

Inilah mengapa Anda harus mempersiapkan biaya persalinan jauh-jauh hari sebelum HPL tiba. Tujuannya tentu saja supaya Anda tidak kebingungan untuk mengcover biaya persalinan tersebut.

Melahirkan Normal dengan BPJS di Rumah Sakit
Apabila menghendaki melahirkan normal dengan BPJS di rumah sakit, penting bagi Anda untuk menyimak ulasan di bawah ini.

Untuk Anda yang akan melahirkan di rumah sakit dengan memanfaatkan BPJS haruslah memperhatikan rujukan dari faskes tingkat 1 dan tetap dengan adanya indikasi medis. Indikasi medis disini bisa karena ada hambatan saat persalinan atau disebabkan faskes tingkat 1 tidak mempunyai fasilitas yang memadai ataupun karena tidak adanya kerjasama antara bidan jejaring.

Apabila Anda ada pada kondisi tersebut dan telah menerima surat rujukan, maka surat rujukan ini dapat digunakan untuk mendaftarkan persalinan di rumah sakit terkait. Walaupun sudah mempunyai surat rujukan, Anda juga diharuskan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Berikut adalah persyaratan yang dibutuhkan;

1.      Asli dan Fotocopy Kartu BPJS
2.      Asli dan Fotocopy KTP ibu hamil
3.      Surat rujukan
4.      Fotocopy KK

Prosedur Melahirkan normal dengan BPJS di rumah sakit

1.      Ibu hamil bisa langsung menuju ke ruang bagian bidan, selanjutnya menunjukkan surat rujukan yang sebelumnya sudah diterima,

2.      Keluarga ibu hamil (bisa suami atau anggota keluarga lainnya) bisa melakukan registrasi BPJS. Petugas BPJS ini dapat ditemui (umumnya) pada bagian emergency. Yang perlu dijadikan catatan adalah, rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS umumnya sudah menyediakan petugas khusus yang akan menangani proses registrasi BPJS bagi pasien melahirkan atau pasien emergency.

3.      Selanjutnya keluarga membuat surat eligibilitas peserta (dengan memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas). Surat eligibilitas ini dapat dibuat di BPJS center.

Akan ada kemudahan dan keuntungan tersendiri apabila Anda melahirkan normal dengan BPJS di rumah sakit. Itu artinya Anda tidak akan terbebani dengan biaya melahirkan yang tidak bisa dibilang murah. Meski pada dasarnya biaya melahirkan normal lebih terjangkau daripada biaya melahirkan caesar, setidaknya dengan adanya BPJS pengeluaran Anda dapat ditekan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.


2 komentar:

  1. Packers And Movers Bangalore Local Household Shifting Service, Get Free Best Price Quotes Local Packers and Movers in Bangalore List , Compare Charges, Save Money And Time
    Packers And Movers in Bangalore

    BalasHapus
  2. We Provide Best Packers And Movers Delhi List for Get Free Best Quotes, Compare Charges,Save Money And Time, Household Shifting Services @ http://packers-and-movers-delhi.in/

    BalasHapus