Rabu, 23 Mei 2018

Diversifikasi Bisnis Akan Dilakukan Sukanto Tanoto Untuk Menanggapi Krisis Finansial Asia


Tak pernah gentar, itulah salah satu motto sejak pertama kali dirinya terjun di dunia bisnis ketika usianya masih sangat belia. Hingga kini pengusaha dan konglomerat terkaya di Indonesia ini sudah mendirikan banyak sekali perusahaan dengan berbagai cabang yang bergerak dengan sendirinya seperti roda kehidupan yang tak pernah berhenti berputar.

Lantas bagaimana kabarnya perusahaan tersebut di tengah krisis finansial Asia? Nyatanya Sukanto Tanoto memberikan argumen bahwa perusahaan dibawah naungan RGE tak akan pernah gentar walau menghadapi krisis finansial Asia atau krisis apapun bentuknya. Malah diversifikasi bisnis akan dilakukan. Lantas apa alasannya dan mengapa diversifikasi bisnis dilakukan sebagai langkah membantu perusahaan mengentaskan krisis?

Alasan Diversifikasi Bisnis Perlu Dilakukan 

Sebelum kita membahas tentang diversifikasi secara umum, kita juga perlu tahu apa sih sebenarnya diversifikasi ekonomi? Dan mengapa hal inilah yang malah dilakukan oleh Sukanto Tanoto untuk mengentaskan perusahaan dari krisis finansial yang membelitnya di tahun 1997 dan 1998 silam?
Sebenarnya diversifikasi ekonomi seperti yang sudah sering kita dengar bahwa merupakan suatu istilah untuk upaya usaha menganekaragamkan sebuah produk, bidang usaha atau tempat usaha. Seorang pengusaha yang tidak melakukan langkah diversifikasi akan membuat bisnisnya ketinggalan dan pastinya sulit berkembang. Mereka akan berada hanya di zona nyaman dan tidak berusaha untuk melangkah lebih maju lagi dan menghadapi semua resiko dengan melakukan suatu inovasi bisnis. Karena tak ingin sayap – sayap bisnis RGE menjadi seperti itu di ranah hempasan krisis beberapa tahun silam, kemudian Sukanto Tanoto melakukan diversifikasi produk juga demi menyelamatkan arus – arus bisnis di berbagai lini yang pada waktu itu harus berkembang walau memang ada satu perusahaan yang harus terpaksa direlakan yaitu perusahaan bubur kertas.

Dan seperti yang selama ini kita tahu bahwa zaman terus berubah dan kebutuhan masyarakat juga pada hakikatnya senantiasa bertambah. Hal ini juga diketahui dan sudah ada di alam pikir perusahaan Sukanto Tanoto. Sebagai pengusaha, beliau kemudian melihat ada kesempatan baik di suatu kondisi di tengah krisis yang terjadi karena itu dengan diversifikasi yang dilakukan, sikap terbuka dalam melihat suatu peluang bisnis menjadi semakin ada dan bermunculan pada akhirnya.

Pada masa tersebut bisa juga Sukanto meraih kesuksesan dengan hanya terfokus memasarkan suatu jenis produk. Akan tetapi ini berarti bahwa Anda juga turut menutup suatu peluang demi mencoba suatu hal baru dalam industri bisnis. Padahal sebenarnya diversifikasi bisnis juga menjadi suatu cara yang sangat tepat demi memperluas pasar serta berusaha meningkatkan suatu pendapatan bagi perusahaan yang bernaung dibawah RGE.

Selain hal tersebut ada beberapa juga yang menjadi pertimbangan dan alasan perusahaan dibawah RGE mempertimbangkan untuk melakukan beberapa langkah diversifikasi. Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya :

Strategi dalam membuat arus kas bisnis menjadi lebih stabil
Ya, bisa dibilang bahwa langkah diversifikasi ini merupakan suatu strategi demi membuat arus kas bisnis menjadi lebih stabil. Ketika suatu produk mengalami penurunan angka penjualan sementara ada produk lain bisa jadi produk lain tersebut akan meningkatkan penjualan produk sehingga keuntungannya bisa digunakan menutupi kerugian pada produk A di tengah krisis yang dialami.

Melakukan suatu evaluasi atas produk perusahaan
Dengan memasarkan beberapa produk, juga bisa dilakukan langkah evaluasi produk apa saja yang bisa menghasilkan pendapatan paling tinggi dan kemudian mendorong upaya pemasaran untuk memaksimalkan pendapatan di produk tersebut. Sebaliknya juga bisa menjadi bahan pertimbangan kembali untuk menjual produk yang kurang mendapatkan respon positif di pasaran serta untuk fokus pada produk lain yang jauh lebih menghasilkan sebenarnya.

Itulah langkah diversifikasi bisnis yang tak boleh dipandang sebelah mata dan juga menjadi salah satu cara yang bisa dicontoh oleh pebisnis muda saat ini dari pebisnis ulung seperti Sukanto Tanoto. Dapatkan inspirasi bisnis melalui Sukanto Tanoto sedari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar