Rabu, 07 Agustus 2019

Cegah Bayi Lahir Prematur, Ibu Hamil Coba Ikuti 10 Tips Ini

Setiap pasangan suami istri pasti pernah mengalami ketakutan dan kegelisahan selama masa kehamilan. Banyak dari mereka yang berusaha menjaga tubuh sebaik mungkin karena khawatir sang buah hati lahir dalam kondisi prematur.



Sebagaimana diketahui persalinan prematur adalah fenomena kelahiran bayi sebelum ia cukup matang secara fisik untuk dilahirkan. Tentunya bayi ini memiliki risiko kecacatan atau masalah apapun.

Persalinan prematur tidak selalu dapat dicegah, dan ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menakutkan. Meski demikian, sebagai orangtua yang baik, ada beberapa cara yanh bisa ditempuh untuk menghindari bayi lahir prematur.

Merangkum dari Parenting Firstcry, Sabtu (9/3/2018), Okezone akan membahas mengenai 10 cara yang bisa dilakukan ibu hami untuk menghindari bayinya lahir prematur. Yuk disimak.

1. Berkonsultasi dengan Spesialis Prenatal

Berkonsultasi dengan spesialis pranatal dapat membantu Anda untuk mendidik diri sendiri tentang apa penyebab paling umum dari persalinan prematur. Memahami akar penyebabnya dapat membantu Anda merencanakan persalinan jauh lebih baik.

2. Yoga Prenatal

Tidak hanya membuat Anda bugar dan membantu mencegah berbagai masalah seperti nyeri sendi dan sakit kepala, yoga prenatal juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur suplai oksigen. Faktor-faktor ini dapat membantu meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi Anda cukup lama.

3. Pilates Kehamilan

Latihan lain yang menyenangkan dan populer yang membantu kehamilan penuh dan memerangi persalinan prematur adalah pilates. Latihan terkonsentrasi pada inti dan panggul ini sangat terfokus pada pembentukan dan penguatan otot yang terlibat langsung dalam proses persalinan.

Pilates dapat membantu meredakan ketegangan saat melahirkan dan juga membantu mengatur aliran darah serta mengendurkan persendian di daerah panggul memungkinkan bayi untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan yang lebih aman.

4. Menghindari Influenza

Sudah menjadi fakta umum bahwa wanita yang terserang flu secara lebih konsisten berisiko lebih tinggi mengalami persalinan prematur. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Terlalu memaksakan diri saat terkena flu bisa berbahaya. Dalam beberapa kasus bahkan dapat memicu persalinan terlalu dini.

5. Mengonsumsi Vitamin

Salah satu alasan yang paling diabaikan untuk persalinan prematur adalah kekurangan vitamin. Dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat. Menjaga jumlah vitamin Anda secara baik dapat membantu mencegah kelahiran prematur.

6. Jangan Merokok

Tembakau adalah salah satu penyebab utama bayi dilahirkan lebih awal. Berhenti merokok selama kehamilan Anda, dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

7. Hindari Alkohol

Sudah menjadi fakta umum bahwa alkohol dapat membahayakan kehamilan Anda. Ibu yang minum alkohol berlebihan selama kehamilan berisiko tinggi untuk persalinan prematur.

8. Berjalan

Hampir setiap dokter akan merekomendasikan olahraga selama kehamilan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung. Berjalan juga diketahui bisa membuat janin lebih sehat dan mencegah kelahiran prematur

9. Periksa dan Pertahankan Berat yang Disarankan Dokter

Ada baiknya Anda tetap menjalankan diet yang ditentukan untuk memastikan kesehatan dalam kondisi optimal. Terlalu banyak penambahan berat badan akan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes dan preeklamsia yang diketahui menyebabkan persalinan dini. Selain itu jika badan menjadi kurus juga dapat menyebabkan persalinan dini.

10. Rajin membersihkan gigi

Memastikan Anda melakukan perawatan gusi yang baik dapat menjadi faktor penting dalam menentukan kehamilan Anda secara normal. Pastikan Anda menepati janji dengan dokter gigi dan mengikuti kebersihan gigi yang baik setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar