Selasa, 21 Mei 2019

Mengenal Tumbuh Kembang Anak Serta Tahapannya


Tumbuh kembang anak merupakan sebuah perubahan serta bertambahnya struktur perubahan pada fisik anak yang begitu kompleks baik itu dari struktur maupun fungsi dari tubuh. Pada saat balita biasanya disebut juga masa masa periode emas, nah ini dia beberapa pengetahuan tentang mengoptimalkan masa emas pada balita.



Perubahan pada pertumbuhan anak ini biasanya bisa diukur dan dilihat dari lingkar kepala, berat badan dan juga tinggi badan kemudian juga dapat dilihat dari fungsi anggota tubuh yang bertambah kompleks contohnya si buah hati sudah bisa bermain , bersikap berjalan dan juga memiliki kemampuan berbicara.

Ada beberapa factor yang mempengaruhi perkembangan serta pertumbuhan yaitu factor internal dan external antara lain adalah factor psikologis, lingkungan social genetic, usia, ras jenis kelamin nutrisi serta ekonomi.

Biasanya fase tumbuh kembang anak berada di usia 0-5 tahun, usia ini merupakan awal mula tumbuh kembang anak, untuk fase awal petumbuhan anak para orang tua harus selalu cermat dalam asupan nutrisi maupun gizi anak agar bisa mencegah kelainan se awal mungkin serta untuk mendapatkan perkembangan anak yang optimal.

Yang terpenting adalah jaringan otak di masa emas si buah hati. Apabila banyak stimulasi yang diberikan kepada anak maka membuat perkembangan jaringan otak anak semakin bagus pada saat usia anak 3 tahun. Nah apabila si buah hati tidak mendapatkan stimulasi yang baik ini akan menyebabkan resiko otak si buah hati menjadi kecil serta terhambat, bahkan dapat menyebabkan terganggunya perkembangan tumbuh kembang anak.

Ada beberapa bagian area perkembangan si buah hati yaitu : perkembangan motorik ini seperti berlari juga berjalan, kemudia sensorik yang mana meliputi pendengaran , penglihatan dan lain lain, bahasa hal ini merupakan pengucapan kata maupun kalimat dan juga social yang meliputi kebersamaan, seperti bermain bersama, pada anak anak kadang memiliki perkembangan serta pertumbuhan yang berbeda tetapi ini ada batasan batasan normal sesuai dengan batasan waktu yang cukup.

Pemberian gizi yang cukup sangat menentukan pertumbuhan sang anak, selain itu dengan pemberian makan dan nutrisi yang baik ini dapat mendukung pertumbuhan serta perkembangan sang anak hal ini juga bisa mencegah penyakit yang datang seperti penyakit diabetes, kegemukan dan hipertensi.
Apabila sang buah hati tidak bisa melakukan yang biasa dilakukan oleh kawan seumurannya, hal ini memungkinkan sang buah hati mengalami perkembangan yang terlambat. jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda sebagai orang tua dapat memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar