Senin, 22 Juli 2019

Inilah 6 Resep MPASI 8 Bulan Mudah yang Bisa Anda Buat untuk Si Kecil


Saat si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, kinilah saatnya Anda memberikan MPASI sebagai nutrisi tambahan. MPASI adalah salah satu menu pendamping ASI yang bisa membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.  


Selain itu, pemberian MPASI juga bisa membantu untuk melatih lidah dan gigi untuk mengeksplorasi berbagai macam rasa dan tekstur makanan. MPASI 6 bulan dan MPASI 8 bulan tentu saja memiliki menu dan resep yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan kemampuan si kecil mencerna makanan.
MPASI 8 bulan memiliki berbagai manfaat dalam memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak, diantaranya mampu untuk membantu perkembangan otak, menguatkan tulang, membantu pertumbuhan gigi yang baik, mengembangkan kemampuan motorik halus, dan meningkatkan daya tahan tubuh. MPASI ini bisa Anda dapatkan dalam berbagai sumber makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, dan lain-lain.
Resep MPASI 8 Bulan
Saking banyaknya menu makanan dengan kandungan gizi yang baik, terkadang Anda bingung saat membuat MPASI untuk si kecil. Terkadang, menu yang Anda buat hanya itu-itu saja selama seminggu, sehingga si kecil merasa bosan. Oleh karena itu, agar si kecil mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber makanan bergizi, simak beberapa tips resep MPASI 8 bulan berikut ini.

  1. Bubur pisang susu
Pisang merupakan buah-buahan favorit semua orang. Buah pisang yang kaya akan nutrisi tentu saja bisa dijadikan sebagai menu MPASI si kecil. Caranya yaitu dengan mengolah pisang menjadi bubur. Pertama-tama, siapkan buah pisang dengan ukuran sedang serta ASI atau susu formula khusus bayi kurang lebih 150-200 ml. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut, dan aduk hingga menyatu. MPASI pun sudah siap disantap si kecil.

  1. Bubur beras merah dicampur dengan sayuran dan daging
Bubur beras merah bisa menjadi santapan lezat MPASI si kecil. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubur beras merah dengan berbagai macam campuran daging dan sayuran. Pertama-tama, siapkan beras merah, daging ayam cincang matang, bayam dan wortel yang sudah dikukus. Setelah itu rebus nasi merah tersebut sampai halus. Jika sudah halus, masukan daging ayam cincang, wortel dan bayam dan aduk hingga merata. Agar terasa lebih nikmat di mulut si kecil, berikan selagi hangat.

  1. Bubur jagung manis
Selain dibakar, jagung manis juga bisa dijadikan sebagai menu MPASI yang nikmat dan lezat. Cara membuatnya yaitu kukus jagung manis tersebut sampai lunak. Jika sudah lunak, lumatkan hingga halus dan tambahkan ASI atau susu formula agar rasanya lebih gurih. Sesuaikan takaran ASI atau susu formula sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan. Si kecil tentu saja akan sangat lahap menikmati makanan pendamping yang satu ini.

  1. Buah Naga Yogurt
Agar MPASI menjadi lebih segar, Anda bisa membuat MPASI buah naga yogurt. Cara membuatnya sangat mudah, cukup campurkan buah naga yang sudah dilumatkan dengan plain yogurt secukupnya, lalu aduk hingga rata. MPASI ini sangat cocok dimakan pada malam hari.

  1. Salmon brokoli kacang polong
Agar mendapatkan sumber omega 3, Anda bisa membuatkan menu MPASI ikan salmon yang dicampur dengan brokoli dan kacang polong. Cara mengolahnya yaitu panggang ikan salmon menggunakan minyak zaitun sampai matang. Jika sudah matang, campurlah dengan wortel dan brokoli yang sudah dikukus, lumatkan hingga menyatu.
Itulah beberapa resep mpasi 8 bulan yang bisa Anda buat di rumah. Pastikan Anda bisa mencukupi kebutuhan gizi si kecil dengan olahan-olahan MPASI yang bernutrisi, sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar