Selasa, 16 Juli 2019

Tips Memilih Bengkel yang Bagus untuk Service Motor


Ketika motor mengalami kerusakan dan membutuhkan tempat untuk service motor, maka kita dihadapkan pada berbagai pilihan bengkel. Terkadang kita mengalami kebingungan, apakah bengkel yang kita pilih bagus dan berkompeten untuk menangani kerusakan. Karena jika salah memilih bengkel, seringkali terjadi kita disuruh untuk mengganti spare part yang seharusnya masih dalam kondisi bagus dan belum saatnya diganti.



Untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih bengkel. Kerugian yang diakibatkan oleh bengkel yang kurang berkompeten bisa saja mengakibatkan kerusakan mesin jangka panjang. Jika masih ragu, lebih baik membawanya ke bengkel resmi terdekat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan bengkel yang baik dan tepat sesuai dengan kerusakan motormu :

  1. Pastikan bahwa bengkel mampu untuk menangani kerusakan motormu
Terlebih dahulu kamu dapat menanyakan kepada montir yang ada apakah dapat memperbaiki kerusakan motormu. Jelaskan secara detail bagian-bagian kerusakannya.

Jika bengkel mampu memahami dengan baik tanpa ragu-ragu dan mengiyakan untuk memperbaiki itu adalah salah satu indikator bengkel tersebut baik. Jika pihak bengkel terlihat ragu-ragu maka kamu harus mempertimbangkan kembali apakah akan tetap melakukan service disitu atau tidak.

  1. Perhatian rekomendasi orang lain
Jika bengkel tersebut bukan non resmi dan memiliki banyak rekomendasi serta selalu ramai, maka bisa dinilai bahwa bengkel tersebut memiliki pelayanan yang baik. Kamu bisa menanyakan kepada orang lain apakah kira-kira bengkel tersebut memiliki kecakapan untuk memperbaiki kerusakan motormu.

  1. Tidak memaksa konsumen mengganti spare part
Hal ini yang sering terjadi khususnya ketika melakukan service motor di bengkel yang tidak resmi. Kamu harus memperhatikan, apakah pihak bengkel cenderung memaksa kamu untuk mengganti spare part tertentu yang tidak ada hubungannya dengan kerusakan atau misalnya spare part yang dimaksud masih dalam kondisi yang baik. Jika hal ini terjadi kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih bengkel yang lain.


  1. Peralatan Bengkel Lengkap dengan pelayanan yang baik
Salah satu ciri bengkel yang bagus adalah peralatan yang ada lengkap. Artinya bengkel mampu untuk memperbaiki berbagai kerusakan.

Selain itu, jika bengkel tersebut profesional, maka mereka memiliki standar untuk memperlakukan konsumen seperti pelayanan yang cepat, ramah, keterbukaan harga, dan penjelasan dan permintaan persetujuan sebelum mengganti, menghilangkan, atau menambah bagian dari motor. Jika bengkel mengganti spare part tanpa persetujuanmu maka kamu berhak untuk tidak melakukan service di bengkel tersebut.

  1. Tidak Menjual di atas atau bawah harga pasaran
Coba kamu tanyakan harga bagian motor yang ingin kamu perbaiki dan kemudian bandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Jika harganya diatas maupun dibawah pasaran maka kamu dapat mempertimbangkan bengkel lain. Harga yang terlalu murah dapat dikhawatirkan bahwa barang yang dijual tidak original

  1. Mempekerjakan montir yang profesional
Kamu dapat menilai kualitas bengkel dari motor yang dipekerjakan oleh pemilik bengkel. Jika montir berpengalaman, maka akan dengan cepat mengerjakan kerusakan pada motormu. Namun jika montir memberikan pelayanan yang kurang ramah, terkesan malas-malasan, serta terlihat kebingungan maka dapat dilihat bahwa kualitas bengkel tersebut masih kurang baik.
Nah bagaimana dengan tips diatas? Jika kamu masih kebingungan untuk service motor, maka datanglah ke bengkel resmi dari dealer dimana kamu membeli motor. Selian bengkelnya besar, pihak dealer pasti akan memberikan responsibilitynya pada pelanggan sehingga penanganan kerusakan akan lebih baik.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar