Senin, 09 September 2019

Langkah Tepat Supaya Anak Suka Makan Sayur serta Buah

Dibanding dengan bahan makanan lain, beberapa anak condong lebih susah makan buah dan sayur. Walau sebenarnya makanan ini dapat memperhatikan kesehatan serta perkembangan anak.



Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin, mineral serta serat yang benar-benar baik untuk kesehatan anak. Ada banyak unsur yang sebabkan si kecil menampik mengonsumsi buah dan sayur. Diantaranya ialah struktur serta rasa-rasanya yang cemplang hingga tidak mengundang perhatian beberapa anak.

Bila kurang konsumsi sayur-sayuran dapat berefek pada bertambahnya penyakit tidak menyebar. PTM ini mencakup hipertensi, stroke, obesitas sampai tidak berhasil ginjal akut.

Agar ini tidak berlangsung, semestinya ibu butuh kerjakan beberapa trick. Dengan langkah berikut beberapa anak lebih tertarik untuk konsumsi buah dan sayur.

1. Sediakan sayuran serta buah dengan warna kontras

Sayur dan buah berwarna berlainan memiliki kandungan nutrisi yang berlainan. Ini jadi fakta kenapa beberapa anak penting mengonsumsi bermacam sayur dan buah berlainan tiap hari.

Fokus pada warna mungkin saja langkah yang menyenangkan untuk ajak-anak makan lebih sayur dan buah. Sampaikan si kecil untuk kenal buah dan sayur apa yang dapat dia makan. Ajaklah si kecil untuk bermain mencari buah serta sayuran sesuai gambarnya.

Diluar itu lewat cara menggabungkan buah atau sayuran. Anak lebih gampang nikmati rasa-rasanya. Pilih buah-buahan dengan rasa yang manis supaya anak lebih senang.

2. Ganti bentuk

Diambil dari detikHealth, dr Frieda Handayani Kawanto, SpA (K), dari RS Evasari menjelaskan jika ada banyak unsur yang dapat membuat si kecil menampik makan buah dan sayur. Diantaranya ialah struktur serta rasa.

Umumnya dari sayur dan buah mempunyai struktur keras dengan rasa yang condong cemplang hingga mungkin tidak menarik untuk beberapa anak kecil. Hingga Anda dapat memproses sayur maupun buah jadi bentuk makanan lainnya.

Sayuran dapat dicincang selanjutnya diproses jadi kombinasi bakso atau nugget. Haluskan sayuran dengan food processor supaya tidak kelihatan. Tidak itu saja, sayuran maupun buah seperti wortel serta pisang dapat dibikin cake.

Carrot cake, pumpkin muffin sampai zucchini bread bisa Anda bikin. Anda bisa mencampurkan bermacam sayuran enak ke hidangan cake yang manis serta memiliki tekstur empuk. Supaya rasa-rasanya makin enak, Anda dapat mencampurkan sayuran dengan potongan pisang atau mentega yang harum untuk menutupi aroma langu sayuran.

3. Buat smoothies

Sayur dan buah lebih menarik bila dibikin jadi smoothies. Smoothies dapat dibikin dengan mencampurkan pisang, juice apel, wortel dengan yogurt atau susu serta es yang diblender jadi satu. The Centers for Disease Control and Prevention mengatakan jika 1/2 cangkir wortel cukup untuk penuhi konsumsi sayuran dalam sekali makan.

Namun semakin lebih baik bila si kecil ingin nikmati buah berbentuk potongan. Bila ingin memberi buah berbentuk potongan, semestinya bikin buah jadi bentuk yang lebih menarik.

4. Sediakan dengan saus

Banyak beberapa anak yang suka pada pasta. Anda dapat mencampurkan sayuran cincang ke saus pasta untuk meningkatkan konsumsi serat. Tidak hanya pasta, sayur dapat juga diberikan dengan cocolan berbentuk saus keju. Menurut periset dari Amerika, trick ini sukses membuat si kecil tertarik coba sayuran serta menyenanginya.

Psikolog Arizona State University Elizabeth Capaldi-Phillips serta teamnya sudah mensurvei orangtua dari 29 anak berumur 3-5 tahun. Mereka dikasih pertanyaan sekitar apa si kecil suka pada ataukah tidak suka pada 11 type sayuran yang berada di survey.

Serta hasilnya diketemukan jika beberapa anak yang dikasih brussels sprout dengan cocolan cream keju pada saat eksperimen tambah lebih menyenanginya dibanding dengan mereka yang disodori brussels sprout tanpa ada saus.

5. Ajak si kecil masak

Pekerjaan memasak mungkin saja kegiatan menyenangkan bersama dengan si kecil. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan masalah buah dan sayur, memproses sendiri sayur dan buah dapat juga membuat si kecil lebih ketertarikan konsumsi sayur dan buah.

Menurut studi, untuk barisan anak yang diikutsertakan dalam menolong orangtua memasak serta sediakan makanan dapat dibuktikan lebih lahap konsumsi salad serta pastanya. Dibanding dengan barisan anak yang tidak terjebak dalam proses memasak. Saat anak diikutsertakan memasak umumnya mereka akan konsumsi sayuran semakin banyak. (lus/odi) makanan sehat anak panduan sehat anak buah dan sayur enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar